batampos.co.id – Satuan Pengawas Internal (SPI) Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan Program Kerja Audit yang dilaksanakan pada Selasa (11/8/2020) di Conference Hall IT Center BP Batam.

Pelatihan ini diikuti sedikitnya 30 orang auditor dan pegawai SPI BP Batam dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pelatihan dibuka Plt. Kepala SPI BP Batam, Konstantin Siboro, dengan menghadirkan instruktur dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau sebagai narasumber.

Plt. Kepala SPI BP Batam, Konstantin Siboro, mengatakan, pelatihan tersebut diadakan bekerja sama dengan Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau untuk melatih efektivitas pelaporan audit para auditor dan pegawai SPI BP Batam.

“Selama ini mungkin yang dilakukan sudah tepat, namun yang namanya audit pasti selalu berkembang dan dinamis,” ujarnya.

SPI Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan Program Kerja Audit yang dilaksanakan pada Selasa (11/8/2020) di Conference Hall IT Center BP Batam. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

“Teori dan aturan yang baru akan terus bermunculan. Sehingga pengetahuan dari rekan-rekan SPI perlu diperbarui,” katanya lagi.

Ia melanjutkan, pihaknya kini tengah merancang untuk fokus pada peningkatan kapasitas pegawai SPI BP Batam pada semester kedua tahun 2020, melalui beberapa pelatihan khusus mengenai pengadaan barang dan jasa.

“Pelatihan hari ini kami fokuskan pada dasar-dasar pengauditan. Bagaimana teman-teman SPI pada prosesnya membuat audit program, pelaksanaan, dan penyusunan laporan sesuai data dari lapangan,” jelas Konstantin Siboro.

Ia berharap para pegawai SPI BP Batam mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan, sehingga cakap membandingkan realisasi dan anggaran dalam pelaksanaan audit pada unit-unit kerja di BP Batam.

Laporan tersebut nantinya akan digunakan Kepala BP Batam sebagai bahan pertimbangan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BP Batam.(*)