batampos.co.id – PDI Perjuangan (PDIP) kembali mengumumkan rekomendasi pilkada gelombang ketiga kemarin (11/8). Ada 75 pasangan calon (paslon) yang diumumkan. Salah satunya adalah menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, yang akan bertarung di pilkada Kota Medan.

Pengumuman rekomendasi pilkada disampaikan secara virtual. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani menyampaikan pengumuman dan arahan dari kediaman mereka di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Sedangkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama pengurus lain memandu acara di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Rekomendasi dibacakan Puan Maharani. Satu per satu nama paslon disebut. Semua paslon yang mendapatkan rekomendasi mengikuti pengumuman secara daring dari daerah masing-masing. Ketika pengumuman dibacakan, mereka diwajibkan berdiri dan menunjukkan rekomendasi yang didapat.

Yang menjadi perhatian adalah menantu Jokowi, Bobby Nasution. Bobby bersama Aulia Rahman diusung PDIP dan Partai Gerindra pada pilkada Kota Medan. ’’Selamat bergabung ke PDI Perjuangan, Mas Bobby. Selamat atas kelahiran putra keduanya. Semoga berkah,’’ kata Puan.

Bobby akan berkompetisi dengan Akhyar Nasution yang diusung Partai Demokrat dan PKS. Akhyar sebelumnya adalah kader PDIP. Namun, dia dipecat dari PDIP karena menyeberang ke Partai Demokrat.

Bobby menyampaikan terima kasih kepada Megawati yang telah memberinya rekomendasi pencalonan pilkada. ’’Kami akan menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab, sekuat hati, dan segenap jiwa,’’ katanya. Bobby akan mengusung visi New Medan atau Medan yang baru, berbasis semangat kolaborasi yang berdasar pada ajaran gotong royong Bung Karno.

Semangat kolaborasi akan menguatkan gerak seluruh elemen partai untuk menciptakan New Medan. Kota Medan yang penuh keberkahan. Dia mengajak semua pihak untuk menjadikan pilkada sebagai momentum mewujudkan persatuan, harapan, dan momentum memenangkan seluruh kekuatan masyarakat.

PDIP juga mengumumkan nama Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang akan bertarung di pilkada Kota Tangerang Selatan. Rahayu merupakan keponakan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sebelumnya, Partai Gerindra juga mengeluarkan rekomendasi untuk Muhammad-Rahayu.

Megawati mengatakan, para calon kepala daerah harus menjadi seorang patriot sekaligus memiliki kemampuan dalam mengelola pemerintahan. ’’Patriotisme adalah nasionalis, rasa kebanggaan. Lalu dedikasi. Itu yang saya tanyakan. Kamu mau jadi bupati, wali kota, gubernur, maunya apa? Mau cari duit?’’ ujar Megawati.

Menurut dia, pemimpin yang mumpuni adalah pemimpin yang kukuh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa dasar dan tujuan seluruh kebijakan politik. Dia juga meminta para calon kepala daerah bisa menjadi pemimpin yang mengerti bagaimana seni memimpin birokrasi.(jpg)