batampos.co.id – Sudah ada 1.410 sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka dan telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri.

“Kami sudah memotret beberapa sekolah yang sudah melakukan pengisian daftar isian kesiapan sekolah untuk membuka tatap muka. Yang sudah pembelajaran tatap muka itu 1.410 sekolah,” jelas dia dalam telekonferensi pers, Kamis (13/8).

Sedangkan, sekolah yang masih melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR) berjumlah 7.002. Sekolah tersebut berada di zona hijau dan kuning.

“Mudah-mudahan ini memperjelas bahwa ternyata dari yang sudah diberi kesempatan saja, tidak semuanya langsung membuka serentak. Mereka tetap memperhatikan ketentuan pada SKB 4 menteri,” jelasnya.

Berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 yang bersumber dari https://covid19.go.id/ per 13 Agustus 2020, terdapat 33 kabupaten/kota yang berada di zona merah, 222 kabupaten/kota berada di zona oranye, 177 kabupaten/kota berada di zona kuning, dan sisanya 82 kabupaten/kota berada di zona hijau dan zona tidak terdampak.

Data dari Kemendikbud, satuan pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang sudah melapor dan melaksanakan pembelajaran tatap muka sebanyak 23.150 sekolah. Dari angka tersebut yang berada di zona kuning dan melakukan BDR sebanyak 6.238 sekolah, sedangkan yang melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 1.063 sekolah. (*/jpg)