batampos.co.id – Perusahaan asal Tiongkok, Today Sunshine bekerja sama dengan Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) akan membangun pabrik perakitan mobil listrik di Batam. Seperti dikutip dari Tempo.co, kerjasama ini akan memproduksi mobil listrik di segmen low-speed electric vehicles dengan kapasitas lima penumpang sebanyak 10 ribu unit per tahun.

Presiden Direktur SESM, Zulfian Mirza, menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk komitmen SESM yang terus mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) dan mengurangi emisi karbon. Lebih lanjutnya, pihaknya akan mengirim tim ke pabrik Today Sunshine di Zheziang, Tiongkok.

Ia mengatakan, Batam menjadi lokasi pilihan karena sudah memiliki infrastruktur dan merupakan kawasan perdagangan bebas. Mobil listrik tersebut akan menggunakan teknologi baterai listrik dengan bahan baku yang akan diperoleh dari Sulawesi.

Mobil Listrik Asal Cina Today Sunshine. (Motoris.ID)

Nick, perwakilan manajemen Today Sunshine, menyampaikan, kerja sama ini merupakan kerja sama pertama internasional mereka di Indonesia. Today Sunshine adalah perusahaan swasta yang berdiri sejak 2014 lalu dan telah memproduksi sekitar 50.000 unit low-speed electric vehicles sejauh ini.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan investor tersebut untuk menjamin kepastian investasi di Batam.

”Kami akan terus jalin komunikasi dan follow-up rencana-rencana investasinya. Kami akan membantu mempermudah perizinannya agar segera merealisasikan investasinya di Batam,” pungkasnya.(*/jpg)