batampos.co.id – Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin membuat paspor dalam program Eazy Passport.

Koordinator Tim Eazy Passport Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Rivai, mengatakan, pelayanan tersebut merupakan layanan baru dari Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) dan dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi.

“Di masa pandemi ini Ditjen Imigrasi melakukan inovasi, kami menjemput bola,” katanya, Kamis (13/8/2020).

Ia menjelaskan, masyarakat yang ingin membuat paspor secara kolektif atau berkelompok dapat mengajukan permohonan layanan paspor ke kanotr imigrasi.

Persyaratannya kata dia, sama seperti layanan saat datang ke Kantor Imigrasi.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata, melihat proses pelyanan eazy passport di kantornya yang berada di Gedung LAM, Batam Centre. Foto: Disbudpar untuk batampos.co.id

“Minimal 50 orang, bisa instansi pemerintah atau sekolah dan syaratnya sama yaitu KTP, KK, Ijazah, paspor lama,” terangnya.

Ia menjelaskan, kelebihan pelayanan tersebut lebih cepat. Dalam menjalankan program tersebut pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti memakai masker, menjaga jarak, memakai sarung tangan bagi petugas.

“Bagi masyarakat yang ingin mengajukan Eazy Passport harus mengatur tempat sesuai protokol kesehatan, berkas lengkap. Jika surat sudah disetujui pimpinan, tim akan turun,” ucapnya.

Program tersebut dimanfaatkan oleh pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam membuat paspor mengunakan pelayanan Eazy Passport.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, seluruh pegawai Disbudpar dan anggota keluarga membuat paspor melalui program Eazy Passport.

Menurutnya, pelayanan Eazy Passport sangat mudah dan membantu. Terutama saat pandemi Covid-19.

“Hari ini kita membuat paspor lewat layanan Eazy Passport, sangat cepat dan mudah,” katanya.(esa)