batampos.co.id – Kepala Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Untuk nilainya akan diberikan pada Sabtu (15/8) besok kepada seluruh peserta ujian.

“Baik yang lulus maupun tidak lulus bisa unduh sertifikat UTBK mulai 15 Agustus pukul 15.00 WIB, beserta dengan nilainya,” jelasnya dalam telekonferensi daring, Jumat (14/8).

Nilai tersebut dapat digunakan kembali oleh peserta, khususnya bagi yang belum lolos SBMPTN untuk mengikuti tes seleksi di perguruan tinggi yang lain.

“Kami sudah siapkan host to host kawan-kawan PTN yang ingin manfaatkan nilai UTBK untuk seleksi lainnya,” tambahnya.

Kemudian, nilai itu juga bisa digunakan dalam seleksi jalur mandiri. Pasalnya, terdapat beberapa perguruan tinggi yang mensyaratkan nilai UTBK dalam kebutuhan seleksi jalur mandiri.

“Ketika masukan nomer pendaftaran, nilai UTBK bisa dikeluarkan. LTMPT sepenuhnya memfasilitasi kawan-kawan di PTN atau PTS atau lembaga lain manfaatkan itu,” kata Nasih.

Sebagai informasi, pengumuman kelulusan itu bukan berarti peserta langsung diterima di PTN. “Lulus seleksi SBMPTN harus mengikuti beberapa tahapan, baru bisa diterima di PTN. Jadi lulus seleksi itu belum tentu akan masuk, karena ada syarat yang harus diikuti,” ujarnya.

Di mana nantinya, PTN tersebut akan melakukan verifikasi ulang. Setelah itu akan ada persyaratan lain yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang lolos UTBK-SBMPTN.

“Syarat yang harus diikuti, misalnya buta warna dan lain-lain. Termasuk persyaratan yang dibutuhkan masing-masing PTN,” terangnya. (*/jpg)