batampos.co.id – Satu lagi jang spektakuler digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam. Namanya Millenials Batik Batam 2K20.

Sesuai temanya, ajang yang dihelat di Dataran Engku Hamidah, Sabtu (15/8/2020) pukul 14.00 WIB ini, bertujuan mengenalkan batik Batam kepada anak muda. Sekaligus mematri kebanggaan mereka pada kerajinan daerah.

Ajang ini kian meriah dengan hadirnya bazar yang diikuti pembatik Batam. Kian lengkap lagi, ketika Walikota Batam Muhammad Rudi (HMR), Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, hingga anggota DPRD Kota Batam Kamaluddin juga ikut menyaksikan.

“Anak-anak muda Batam harus bangga memakai Batik Batam,” ujar Ketua Dekranasda Kota Batam Hj Marlin Agustina dalam sambutannya.

Selanjutnya Marlin berkisah tentang pengalamannya membesarkan Dekranasda Kota Batam, khususnya kerajinan batik hingga mampu melahirkan banyak usaha kecil menengah (UKM) tangguh dibudang batik dan tenun.

Bahkan banyak diantara binaannya yang kini memiliki gerai atau workshop sendiri. “Saatnya identitas Batam dikenal luas melalui batik,” ujarnya.

Ketua Dekranasda Kota Batam Hj Marlin Agustina (kanan) saat event Millenials Batik Batam 2K20, Sabtu (15/8)

Dalam catatan kami, selama kiprah Marlin di Dekranasda makin moncer ketika di awal 2019 dengan bendera Batik Batam, dia ciptakan batik motif ikan marlin.

Berkat Marlin, batik ini merambah ke luar Batam seperti di kota dan kabupaten dalam Provinsi Kepri, seperti Karimun, Tanjungpinang dan Bintan, juga ke provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, bahkan negeri jiran Johor, Malaysia.

Acara pengenalan atau road show batik asli Batam itu pun digelar dengan nama Batam Batik Fashion Week. Di sinilah Marlin adakalanya merangkap sebagai peraga busana. “Di masa pandemi ini, ekonomi kreatif terbukti bisa jadi jaring pengaman,” jelasnya

Untuk itu, dia mengajak anak muda Batam khususnya, berkiprah memajukan batik Batam sambil merancang usaha masa depan. Sebab prospeknya cerah. “Soal pelatihannya bisa dibantu Dekranasda dan Pemko Batam,” jelasnya.

Dalam even ini Marlin juga membagikan batik secara gratis kepada 25 milenial. Batik tersebut dia ambil langsung dari pembatik yang ikut bazar di stand Engku Hamidah. (*/uma)