Jumat, 29 Maret 2024

BI Luncurkan Uang Khusus Seri Peringatan HUT ke-75 RI Hari Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Bank Indonesia (BI) dijadwalkan mengeluarkan uang khusus seri peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia di Jakarta, pada hari ini, Senin (17/8). Berdasarkan undangan yang disebar kepada media di Jakarta, Minggu (16/8, peluncuran uang khusus itu dapat disaksikan secara virtual melalui kanal YouTube BI mulai pukul 11.15 WIB.

Gubernur BI Perry Warjiyo rencananya meresmikan peluncuran uang seri baru tersebut. Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga akan memberikan sambutan dalam peluncuran uang khusus itu.

Dalam peluncuran nanti, juga akan ada penyerahan simbolis uang khusus seri peringatan kemerdekaan 75 tahun kepada keluarga Proklamator secara virtual. Departemen Pengelolaan Uang BI menjelaskan uang Rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu.

Dikutip dari Antara, uang khusus ini memiliki nilai nominal berbeda dari nilai jualnya. Uang Rupiah khusus terdiri dari koin dan atau kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang bersambung).

Uang Rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika (koleksi uang di Indonesia).

Setiap edisi yang dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cindera mata. BI beberapa kali mengeluarkan uang edisi khusus, di antaranya 25 tahun Kemerdekaan RI, perjuangan angkatan 45, 50 tahun Kemerdekaan RI, Hari Anak, cagar alam, hingga 100 tahun pemimpin Indonesia.(antara)

Update