batampos.co.id – Pada Minggu (16/8/2020), jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam bertambah enam orang.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, melalui pernyataan tertulisnya menyatakan, data tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing di Kota Batam.

“Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini 6 orang warga Kota Batam.Terdiri dari 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan,” ujarnya.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang baru:

1. SP

Laki-laki (24), Nakes – RSBP Batam, beralamat dikawasan Perumahan Tiban Ayu, Tiban, Sekupang.

Sehubungan contact erat dengan terkonfirmasi positif di tempat tugasnya maka kepada yang bersangkutan pada 12 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan/PCR yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan pada ruang perawatan isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 RSBP Batam dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

2. IIS

Perempuan (25), Anggota POLRI, beralamat dikawasan perumahan Wahana Mas, Batu Besar, Nongsa Kota Batam.

IIS datang ke RS Bhayangkara Batam pada 12 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan pada ruang perawatan isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

3. RSGH

Laki-laki (31), Karyawan Swasta, beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Kabil, Nongsa.

RSGH merupakan rujukan dari RS St. Elisabeth Lubuk Baja sehubungan dengan demam, batuk dan mual yang disertai sesak nafas dengan diagnosis “Suspek Covid-19”.

Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam hingga Minggu (16/8/2020).

Setibanya di RSUD Embung Fatimah pada 12 Agustus 2020 sebelum dilakukan perawatan di ruang isolasi Tun Sundari maka
dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan perawatan di ruang isolasi Tun Sundari pada RSUD Embung Fatimah dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

4. L

Perempuan (64), Ibu Rumah Tangga, beralamat dikawasan perumahan Taman Raya Tahap 3, Belian, Batam Kota.

L merupakan pasien rujukan dari RS Keluarga Husada Batam sehubungan dengan demam, dan sesak nafas yang disertai comorbid (HHD, DM & Hipertensi) dengan penegakan diagnosis
“Pneumonia +probable Covid-19+HHD+DMType II+Dislipidemia”.

Setibanya di RSBP Batam pada 13 Agustus 2020 sebelum dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit ini maka
dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan perawatan di ruang isolasi pada rumah sakit ini dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan relatif stabil.

5. DE

Perempuan (42), Ibu Rumah Tangga, beralamat di kawasan perumahan Taman Raya Tahap 3, Belian, Batam Kota.

DE datang ke RS St. Elisabeth Batam Kota dengan keluhan demam, batuk kering dan anyang-anyangan disertai muntah setiap makan sejak sebelas hari yang lalu.

Perlu diketahui yang bersangkutan pada 6 Agustus 2020 baru tiba dari Kota Palembang dan sebelumnya telah dilakukan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Sesuai dengan keluhannya tersebut dilakukan pemeriksaan secara intensif dan diperoleh kesimpulan dengan penegakkan diagnosa “Pneumonia ringan+Suspek Covid-19” dan harus menjalani rawat inap di ruang isolasi.

Sehubungan ruang isolasi rumah sakit ini penuh yang bersangkutan di rujuk ke RSBP Batam dan sebelum dievakuasi ke rumah sakit rujukan maka pada 13 Agustus 2020 tersebut dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan perawatan di ruang isolasi pada rumah sakit rujukan Covid-19 BP Batam ini dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan relatif stabil.

6. IM,AM

Laki-laki (49), Swasta, beralamat di kawasan perumahan Pondok Mc Dermott, Tiban Indah, Sekupang.

Yang bersangkutan datang ke Klinik Medilab Batam pada 15 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan dalam proses evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya
dalam keadaan stabil.(*/esa)