batampos.co.id – Semarak Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-75 Tahun di Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, dimeriahkan dengan perlombaan permainan tradisonal. Perlombaan itu dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Sejumlah masyarakat di Kecamatan Kute Siantan antusias ikut melihat dan menyaksikan perlombaan itu di Lapangan bola Payalaman.

Selain perlombaan permainan tradisional, juga ada kegiatan donor darah, pembagian sembako, jalan santai, serta pembagian doorprize.

Yudi seorang warga Kute Siantan mengatakan walaupun tahun ini upacara HUT Kemerdekaan diadakan secara sangat terbatas, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Hal ini berdasarkan arahan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, mengingat sejak awal pihaknya selalu menekankan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19,” ujarnya.

Dia mengaku senang dengan diadakannya kegiatan dalam semarak Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia di tahun ini. Walaupun kegiatan itu dilaksanakan secara sederhana.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Anggota DPRD KKA, Jasril Jamal mengatakan perlombaan permainan tradisional untuk lomba 17 Agustusan itu sekaligus sebagai salah satu cara memperkenalkan kepada generasi milenial dan tetap terus melestarikannya.

“Harapan saya dan juga kepada pemerintah agar dapat terus mendukung dengan melestarikan permainan tradisional kepada generasi penerus agar terciptanya budaya lokal yang perlu di aga,” kata Jasril. (fai)