batampos.co.id – Ribuan pendaki dari berbagai daerah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di kawasan Puncak Gunung Lawu pada 17 Agustus. Ribuan pendaki tersebut mulai berdatangan sejak Sabtu (15/8).

Petugas Perhutani KPH Lawu dan Sekitarnya (Lawu Ds) Paijo seperti dilansir dari Antara mengatakan, para pendaki terpantau mulai berdatangan sejak Jumat (14/8). Hingga Sabtu (15/8) siang, terdata sudah ada 1.100 pendaki dari berbagai daerah yang ingin merayakan peringatan HUT RI ke-75 di Puncak Lawu.

Menurut dia, sudah menjadi agenda tahunan Gunung Lawu banyak didatangi pendaki saat momentum agustusan. Mereka biasanya yang dari jauh datang tiga hingga dua hari sebelum malam agustusan. Setelah itu, para pendaki mendirikan tenda di sekitaran Pos Cemoro Sewu untuk mempersiapkan fisik dan bekal mendaki di malam sebelum 17 Agustus.

Meski saat ini sedang pandemi Covid-19, kondisi tersebut tidak menyurutkan niat para pendaki untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI di puncak Lawu.

”Kami tetap mengimbau para pendaki untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, petugas juga meminta pendaki memiliki persiapan yang matang saat mendaki Gungung Lawu. Selain protokol kesehatan, juga dilarang memakai celana berbahan jeans saat mendaki,” kata Paijo yang bertugas di pintu masuk pendakian Gunung Lawu Pos Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (16/8).

Salah satu pendaki asal Surabaya, Ridwan mengatakan, bersama teman-teman sengaja mendaki Gunung Lawu untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak Lawu saat HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Hal itu sudah sering dilakukan.

”Tujuan mendaki adalah untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak Lawu bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Rombongan kami berangkat dari Cemoro Sewu malam ini (16/8). Butuh sekitar enam jam untuk sampai puncak Lawu dari pos pendakian Cemoro Sewu,” kata Ridwan.

Dia berharap pendakiannya berjalan lancar. Selain momentum agustusan, cuaca yang cukup cerah juga menjadi penyebab para pendaki menikmati libur akhir pekan panjang di gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter dari permukaan laut tersebut.(jpg)