Sabtu, 20 April 2024

Imam Masjid Agung Batam Berpulang

Berita Terkait

batampos.co.id – Ustaz HM Alwi Husein, imam Masjid Agung Batam, meninggal dunia di hari kemerdekaan RI, Senin (17/8) pukul 18.13 WIB. Ia sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit sebelum wafat.

Jenazahnya disemayamkan di rumahnya di Kompleks Citra Batam, Blok C Nomor 1010, Batam Centre. Rencananya akan dimakamkan, Selasa (18/8) sebelum salat Zuhur di TPU Taman Langgeng, Seipanas, Batam.

”Innalillahi wainnailaihi raji’un,” ucap Ahmad Dahlan, ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Batam periode 2010-2015 yang juga mantan Wali Kota Batam, ketika mengetahui Ustaz Alwi meninggal, kemarin malam.

Ia mengatakan, sangat mengenal sosok ustaz Alwi. ”Almarhum orang yang istikamah dan memiliki wawasan keagamaan yang luas. Di samping seorang hafiz (hafal Al-Qur’an), beliau juga lugas dalam menjelaskan pemahaman keagamaan,” ujar Dahlan.

Menurutnya, ustaz Alwi juga sosok imam yang sederhana, rendah hati, dan pandai bergaul. ”Kita kehilangan sosok ulama yang menjadi khazanah Batam dan Kepri. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau dan memasukkannya ke dalam surga-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” ujar Dahlan.

Hal senada dikatakan Syarifuddin, ketua LAZ Masjid Agung Batam. ”Bagi saya, diaseorang pejuang, mujahid,” kata Syarif, tadi malam.

Ia mengungkapkan, ustaz Alwi menjadi imam di Masjid Raya Batam bersama ustaz Ridha Amir sejak tahun 2000. Selain menjadi imam, dia juga pembina mualaf atau orang yang baru memeluk agama Islam. (*/jpg)

Update