batampos.co.id – Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Batam
pada Desember mendatang sudah hampir pasti diikuti oleh dua pasang kontestan.

Yaitu pasangan petahana Rudi-Amsakar Achmad dengan Lukita-Basyid. Kemungkinan tidak ada pasangan ketiga mengingat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah memutuskan akan mengusung pasangan Rudi-Amsakar.

Dilansir dari Harian Batam Pos, Pasangan Rudi-Amsakar sudah didukung beberapa partai yakni NasDem, Hanura, Golkar, PAN, PKS dan PSI. Sementara pasangan Lukita-Basyid diusung oleh PDI Perjuangan, PKB,dan Gerindra.

Sementara satu partai lainnya yang memiliki tiga kursi di DPRD, Demokrat belum menentukan sikap.

Awalnya, kemungkinan tiga pasangan sangat memungkinkan untuk bertarung. Sempat ada isu pasangan Ahmad Hijazi-Surya Makmur atau pasangan Ahmad Hijazi-Helmy Hemilton akan maju.

Tetapi dengan syarat, Demokrat harus mendapat dukungan dari partai lain, PKS dan PAN.

”Kalau sekarang sudah tidak bisa lagi menurut saya, karena Demokrat tidak bisa lagi mengusung satu calon. PKS sudah menyatakan diri mendukung Rudi-Amsakar,” kata ketua DPC Partai Demokrat Hotman Hutapea, Kamis (20/8/2020).

Hotmen mengatakan, partainya kemungkinan besar akan mendukung dua pasangan yang
sudah pasti maju. Tetapi siapa yang akan didukung masih terus dibicarakan di DPP Partai Demokrat.

”Partai di luar sudah tidak cukup lagi, pilihan tinggal mendukung yang ada saja. Dua pasangan yang sudah terbentuk,” katanya.

Senin depan, kemungkinan besar Partai berlogo Mercedes itu akan mengeluarkan rekomendasi yang akan didukung. Kemudian esok harinya, semua calon yang didukung se Kepri akan dipanggil ke pusat.

”Mungkin Senin sore sudah keluar. Memang agak lambat, tetapi pusat punya beberapa
pertimbangan,” katanya.(jpg)