batampos.co.id – Taman Rusa menjadi salah satu lokasi olahraga dan rekreasi yang wajib dikunjungi.

Selain asri, lokasi tersebut juga memiliki jogging track yang panjangnya sekitar lima kilometer dengan lebar tiga meter.

Areanya yang dipenuhi pohon-pohon rindang membuat lokasi tersebut tetap sejuk meski siang hari. Tidak hanya itu, di sana juga terdapat kandang rusa yang menjadi magnet bagi para pengunjung.

Jogging Track Taman Rusa Sekupang awalnya hanya dijadikan tempat berolahraga oleh para pegawai BP Batam yang menetap tidak jauh dari lokasi.

Namun, pada 2018 lalu, area tersebut disulap menjadi kawasan rekreasi keluarga yang dikenal dengan Taman Rusa.

General Manager Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman, Herawan, mengatakan, pada tatanan hidup baru, Jogging Track Taman Rusa juga menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap pengunjung.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pengunjung untuk menjaga jarak selama berada di dalam area Jogging Track Taman Rusa. Sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Di pintu masuk ada petugas yang akan mengecek suhu tubuh setiap pengunjung dan disediakan juga tempat cuci tangan,” jelasnya.

Seorang pengunjung taman rusa sedang mengabadikan keluarganya saat berkunjung ke Taman Rusa Sekupang. Foto; Dhiyanto/batampos.co.id

Selain itu, lanjutnya, para pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan masker.

Lokasi tersebut, kata dia, memiliki luas sekitar 9 hektar dan diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Batam.

“Jenis rusa di sini rusa totol. Awalnya dari Istana Bogor dan dibawa ke sini. Sekarang di sini ada 40 ekor rusa,” jelasnnya.

Tempat rekreasi tersebut beroperasi setiap hari. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Beberapa sarana dan prasana umum seperti mushola, toilet dan kantin sudah tersedia dan dapat digunakan oleh para pengunjung.

Dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana tersebut, saat ini pengunjung dewasa dikenakan tarif masuk Rp 5 ribu per orang dan anak-anak atau pelajar Rp 2.500.

“Untuk tarif masuk ini berdasarkan Perka (Peraturan Kepala BP Batam) nomor 15 tahun 2019 tentang tarif pengelolaan aset, dan tarif tidak ada pembedaan, baik di hari biasa maupun libur,” tuturnya.

Lokasi jogging track di Taman Rusa Sekupang. Foto diambil beberapa waktu lalu. Foto; Dokumentasi batampos.co.id

Para pengunjung juga dapat menyewa gazebo untuk bersantai bersama keluarga atau kerabat Rp 100 ribu pada akhir pekan dan Rp 50 ribu di hari biasa.

Herawan menjelaskan, Jogging Track Taman Rusa nantinya akan memiliki stand komersil yang dapat disewa oleh masyarakat.

Tarifnya hanya Rp 20 ribu per hari dengan luas stand 3×3 meter.

Pihaknya juga memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin mengadakan event atau kegiatan di lokasi tersebut.

“Tarifnya Rp 500 ribu per hari dan itu sudah termasuk gazebo,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para rusa, seperti memberi makan.

Namun, lanjutnya, pengunjung harus melapor terlebih dahulu ke petugas sebelum memberikan makanan.

“Jangan sampai makanan yang bukan untuk rusa dikasih, jadi harus lapor dulu,” tuturnya.

Salah seorang pengunjung Taman Rusa, Imam, mengatakan, sangat nyaman datang ke objek wisata tersebut.

Warga Marina City itu meluangkan waktu untuk datang ke Taman Rusa bersama keluarganya.

“Saya sudah 2 kali ke sini, suasananya nyaman untuk bersantai dan ngumpul bersama keluarga,” tuturnya.