batampos.co.id – Seorang suami berinisial LPA merelakan dirinya mengambil risiko terpapar Covid-19 demi menunggui istrinya yang lebih dulu terkonfirmasi positif korona berdasar hasil tes usap PCR di RSUD Iskak, Tulungagung, Jawa Timur.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro seperti dilansir dari Antara di Tulungagung mengatakan, LPA diketahui positif tertular istrinya yang kini dirawat di ruang isolasi RSUD Iskak setelah tim epidemologi melakukan pemeriksaan dengan metode tes cepat maupun tes usap PCR lanjutan.

”Ya, satu kasus baru (LPA, Red) berasal dari Kecamatan Boyolangu yang mana merupakan kontak erat kasus konfirmasi MS (diumumkan pada 20 Agustus),” kata Galih Nusantoro.

Selama tiga hari sejak istrinya masuk ruang isolasi RSUD Iskak, LPA memang terus menunggui istrinya. Status LPA baru diketahui pada Jumat (21/8), sehari setelah MS dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Iskak. Tim epidemologi awalnya memeriksa menggunakan tes cepat, kemudian dilanjutkan dengan tes usap PCR yang melibatkan tim kesehatan RSUD Iskak.

”Hasilnya, LPA dinyatakan positif Covid-19 dengan status konfirmasi asimptomatik atau tanpa gejala dan mendapatkan pengobatan dari tim kesehatan Puskesmas Beji,” ujar Galih Nusantoro.

Dia mengatakan, hasil pemeriksaan tes usap PCR terhadap tujuh kontak erat kasus konfirmasi AAW dari Kecamatan Ngantru yang dirilis pada Jumat (21/8) telah keluar dan dinyatakan semuanya negatif. Adapun hasil tes usap terkait dengan kontak erat kasus konfirmasi yang lain masih dalam proses running oleh RSUD Iskak.(jpg)