batampos.co.id – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo 357 berhasil mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam. Kapal dengan nomor lambung KG 90186 TS itu terdeteksi melakukan aktifitas menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia di dalam garis landas kontinen sejauh 1.5 NM di perairan Laut Natuna Utara.

Kapal Itu berhasil diamankan tanpa perlawanan. Namun kapal tersebut sempat berusaha ke utara, keluar dari garis landas kontingen perairan Indonesia dengan mematikan lampu kapal.

“Sebetulnya ada beberapa KIA yang terdeteksi KRI Bung Tomo 357. Tetapi hanya satu KIA berbendera Vietnam dengan nama KG 90186 TS yang terdeteksi,” sebut Kadep Ops KRI Bung Tomo Kapten Laut (P) Edo kepada media, Selasa (25/8/2020).

Kapal Ikan Asing (KIA) KG.90186 TS asal Vietnam ditangkap oleh KRI Bung Tomo 357, langsung diamankan bersama Lanal Tarempa di Pelabuhan Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Selasa (25/8/2020).  ( Foto: Istimewa untuk batampos.co.id)

Lanjut dia lagi mengutarakan bahwa kapal ikan asing asal Vietnam itu, membawa 12 anak buah kapal warga negara Vietnam. Dengan hasil tangkapan ikan sebanyak satu ton. Kapal dan bawaannya dikawal ke ke Lanal Tarempa untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan menjelaskan bahwa ditangkapnya KIA asal Vietnam itu oleh KRI Bung Tomo 357 merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut.

“Hal itu untuk menjaga wilayah perairan NKRI di Laut Natuna Utara sekaligus menjawab keresahan masyarakat Anambas terkait maraknya KIA yang menangkap ikan di wilayah Perairan Laut Natuna Utara,” kata Komandan Lanal Tarempa.

Lebih lanjut ia mengatakan KIA yang berhasil ditangkap ini seluruh ABK dan kapal dilakukan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Pangkalan Angkatan Laut Tarempa.(fai)