Sabtu, 20 April 2024

Tukar Uang Pecahan 75.000 Bisa Kolektif Hari Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Bank Indonesia (BI) menyampaikan, masyarakat dapat secara kolektif melakukan pemesanan penukaran uang pecahan 75.000, Selasa (25/8). Rupiah pecahan 75.000 ini uang seri khusus peringatan HUT ke-75 RI.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, pendaftaran dan pemesanan penukaran uang seri khusus secara kolektif mulai dibuka pukul 07.00 WIB. Tetapi ada beberapa syarat untuk pemesanan penukaran koletif ini.

Syaratnya antara lain merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), minimal mewakili 17 orang, dan satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 RI. Marlison menjelaskan, penukaran uang secara kolektif terbagi untuk beberapa kelompok.

Pertama kelompok pegawai Kementerian/Lembaga. Nantinya, pegawai tersebut bisa membawa kolega, teman atau keluarga, secara kolektif minimal 17 orang untuk mendaftar penukaran uang tersebut.

“Siapa yang dapat menukar adalah pegawai Kementerian/Lembaga dan dapat menyertakan kolega minimal 17 orang. Jadi, satu orang bisa mengajukan permohonan lebih dari satu,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (24/8).

Kelompok kedua adalah instansi Pemerintah Daerah. Kelompok ketiga adalah pegawai korporasi mulai dari BUMN hingga swasta.

Dalam hal ini, pegawai tersebut juga bisa mengajak koleganya minimal 17 orang untuk menukarkan UPK 75.000. Bukan hanya itu, asosiasi dan perkumpulan juga bisa mendaftar dalam penukaran uang 75.000.

Misalnya, ikatan alumni sebuah universitas atau sekolah lainnya, atau bisa juga perkumpulan ibu-ibu pengajian dan warga RT. “Perkumpulan semua bisa masuk termasuk perkumpulan masyarakat minang di Jakarta,” kata Marlison.(jpg)

Update