batampos.co.id – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang
ke-75, sekaligus mempopulerkan Gerakan Nasional Disiplin Protokol Kesehatan, BPJS Kesehatan menyelenggarakan lomba video blog atau yang biasa disebut vlog dengan pesertanya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam, Yusrianto, mengatakan, konten vlog menceritakan tentang protokol kesehatan yang diterapkan oleh FKTP dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Vlog tersebut kemudian di-upload di akun media sosial oleh  masing-masing FKTP secara serentak pada 17 Agustus kemarin.

“Vlog sudah di-upload kemarin, selanjutnya tinggal menunggu penilaian dari kedeputian wilayah lalu kantor pusat,” kata Yusrianto.

Begitu halnya di daerah lain, di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam yakni Batam dan Karimun pun kegiatan ini disambut hangat oleh FKTP. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta yang melebihi target yakni 28 vlog dari FKTP.

“Antusias FKTP di Batam dan Karimun luar biasa. Targetnya hanya 20 vlog saja. Tapi yang ikut mencapai 28 vlog,” kata Yusrianto.

Salah satu video blog yang mengikuti perlombaan Vlog BPJS Kesehatan. Foto: BPJS Kesehatan untuk batampos.co.id

Untuk wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam yakni Kota Batam dan Kabupaten Karimun, 3 vlog terbaik yang menjadi perwakilan ke kedeputian wilayah adalah dari Puskesmas Tanjung Berlian, Puskesmas Sei Lekop, dan Puskesmas Tanjung Balai.

Vlog tersebut dinilai paling memenuhi kriteria yakni sesuai dengan tema, kreatif, pesannya mudah diterima serta mendapatkan atensi di media sosial.

“Vlog ini tidak hanya dinilai oleh BPJS Kesehatan, tapi kami juga mengajak dinas kesehatan dan Satuan Tugas Covid untuk melakukan penilaian. Hasilnya didapatkan 3 vlog tersebut,” kata Yusrianto.

Salah satu peserta lomba vlog, Happy, menceritakan bahwa di masa pandemik, Puskesmas Sei Lekop tetap memberikan pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengatakan bahwa area Puskesmas merupakan area wajib masker dan cuci tangan dengan menggunakan sabun, tidak hanya itu pasien yang datang juga harus dicek suhunya dan menerapkan physical distancing.

“Banyak hal yang kami lakukan dan semuanya dapat dilihat di vlog tersebut. Untuk mengurangi penyebaran virus ini kami juga tidak lupa melindungi tenaga medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan melakukan disinfektan area Puskesmas secara rutin,” kata Happy.

Ia menambahkan bahwa Puskesmas tempatnya bekerja sangat antusias terhadap lomba yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.

Ia mengaku hal ini penting untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat betapa pentingnya prokotol kesehatan.

“Di Puskesmas kami semuanya antusias, bahkan saya yang ambil gambar juga antusias. Semoga vlog ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada,” kata Happy.(*)