batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengintruksikan aparatur sipil negara (ASN) untuk mengajak masyarakat menggunakan masker. Hal ini senada dengan ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pentingnya menggunakan masker sampai vaksin dipublikasikan.

“Saya minta kepada seluruh aparatur negara, baik pusat dan daerah dapat mengambil peran utama untuk mengedukasi dan memberi pemahaman serta ikut aktif menggerakkan dan mengorganisir masyarakat dilingkungannya dan masyarakat secara luas agar selalu dan pentingnya memakai masker,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8).

Penggunaan masker ini harus terus dilakukan untuk menghindari penyebaran virus. Tjahjo juga meminta agar masyarakat semakin disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan sampai vaksin Covid-19 tercipta.

“Disiplin protokol kesehatan, rutin mencuci tangan dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara sungguh-sungguh,” jelasnya.

Kata dia, pandemi Covid-19 telah memasuki babak baru, yakni tatanan normal baru, atau adaptasi kebiasaan baru. Maka dari itu, para ASN perlu mengkampanyekan dan mengedukasi seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat, baik ASN maupun swasta, terutama yang tidak termasuk dalam kelompok rentan, dapat kembali beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan secara benar,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah mengeluarkan arahan terbaru terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu arahannya adalah pentingnya pemakaian masker dan percepatan pembagian masker di kalangan masyarakat sampai ditemukannya vaksin Covid-19.

“Sebelum vaksinnya itu disuntikkan ke masyarakat, kuncinya saya kira paling penting adalah pemakaian masker,” katanya usai rapat kabinet terbatas (ratas), Senin (24/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta agar jajarannya secara serius mengampanyekan penggunaan masker. “Saya melihat promosi untuk pemakaian masker ini belum kelihatan,” tuturnya.

Menurutnya, dengan disiplin yang baik terhadap protokol kesehatan, ekonomi dapat lebih cepat pulih, atau minimal tidak jatuh terlalu dalam.

“Tolong ini betul-betul segera yang berkaitan dengan ajakan untuk memakai masker, membagi masker itu betul-betul pelaksanaannya bisa dipercepat, karena ini juga akan memperkuat confidence dari masyarakat, dari dunia usaha, dari pasar, mengenai cara-cara penanganan yang kita lakukan,” imbuh dia.(jpg)