batampos.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusahakan agar keluarga yang memiliki lebih dari satu anak yang masih sekolah untuk tetap mendapatkan bantuan kuota gratis. Kuota gratis akan diberikan selama empat bulan.

Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasemen) Jumeri mengatakan bahwa hal ini sedang dalam tahap diskusi bersama para provider telekomunikasi.

“Jadi ini pulsa ini kalau dalam 1 rumah, hp 1 (dipakai) anak 3, belum final, kami harus berdiskusi dengan operator, rencananya ketiganya akan diberi,” ujarnya dalam Bincang Sore Kemendikbud, Jumat (28/8).

Namun, yang terdaftar untuk bisa mendapatkan kuota gratis itu harus tetap satu nomor. Pihaknya pun berharap ada deal dengan para operator tersebut.

“Misalnya anak pertama SMA, kedua SMP, ketiga SD, maka menggunakan satu nomer bapaknya bisa menggunakan nomer itu (untuk kuota gratis), penggunaannya bisa gantian, tapi saya belum bisa menyampaikan, tapi kira-kira ke sana,” ujarnya.

Para operator yang telah diketahui bekerjasama untuk penyediaan kuota gratis itu adalah Telkomsel, XL dan Indosat Ooreedoo. “Provider yang kita gandeng ada Telkomsel, Indosat, XL, dan lain-lain. Tugas diberi jatah sesuai nomor yang dimiliki anak-anak pederta didik,” jelasnya.

Sebagai informasi, siswa akan mendapat bantuan 35GB per bulan, kemudian untuk guru sebanyak 45GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50GB per bulan.(jpg)