batampos.co.id – Pemko Batam terus melakukan pengembangan di sektor pariwisata, salah satunya dengan membangun destinasi wisata baru yang dapat dijunjungi masyarakata serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Destinasi wisata baru yang ada di Kota Batam adalah taman Tugu Gasing. Taman yang terletak di Kawasan Dataran Tuah Melayu Batam Center ini telah diresmikan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, pada Sabtu (29/8/2020).

Bangunan yang didesain khusus menyerupai gasing dengan corak melayu tersebut diyakini dapat menjadi ikon baru pariwisata di Kota Batam.

“Atas nama Pemko Batam saya sangat berterima kasih sumbangsih dari semua pihak atas terlaksananya pembangunan Tugu Gasing ini,” kata Rudi.

Ia menjelaskan, pembangunan Tugu Gasing sendiri tidak terlepas dari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307A1 Zone Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berfoto bersama dengan anggota dan pengurus Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307A1 Zone Batam. Foto: Media Center Pemko Batam untuk batampos.co.id

Karena itu pihaknya memberikan apresiasi atas keperdulian pihak swasta yang turut kontribusi membangun Batam.

Rudi mengatakan, pihaknya saat ini memang fokus untuk membangun taman kota.

Di antaranya di sepanjang jalan utama Batam Center. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadikan Kota Batam yang hijau dan tentunya nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

“Sepanjang jalan ini akan kita bangun taman. Hari ini Lions Club yang membantu, ke depan kita harapkan pihak-pihak swasta lainnya juga mau turut membantu kami. Desain sudah kita siapkan semua,” katanya.

Pihaknya mengakui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Batam tidak akan cukup digunakan untuk membangun taman-taman kota yang dibutuhkan saat ini.

Karena itu pihaknya memerlukan dukungan dan bantuan dari pihak swasta yang memiliki anggaran lebih.

“Jadi siapa yang mau membantu, kami sangat terbuka. Karena kita memang perlu kerjasama untuk membangun Batam lebih baik,” ujarnya.

Presiden Lions Club Mitra Raya, Alfin, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih karena Pemko Batam memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan Batam.

Pihaknya berharap tidak kali ini saja tapi ke depannya bisa terus diajak kerjasama.

“Adanya Covid-19 saat ini memang sempat menghambat rencana pembangunan Tugu Gasing di Batam. Tapi kita bersyukur dengan komitmen bersama akhirnya hari ini Tugu Gasing bisa diresmikan oleh Pak Wali Kota,” kata Alfin.(*/esa)