batampos.co.id – Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam terus mengalami kenaikan. Pada Minggu (30/8/2020) terdapat 46 warga Kota Batam yang kembali terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, melalui pernyataaan tertulisnya menyebutkan, data tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKLPP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing.

“Dengan ini kami sampaikan uraian jumlah orang yang terpapar dari temuan kasus baru ini sebanyak 46 orang Warga Kota Batam,” jelasnya.

Dari jumlah tersebut kata dia, 19 orang laki-laki dan 27orang perempuan.

Dalam data yang diberikannya, pasien Covid-19 kali ini didominasi oleh tenaga kesehatan (nakes).

Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam hingga Minggu (30/8/2020).

“Dapat kami sampaikan bahwa dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster, dapat disimpulkan sementara bahwa saat ternyata terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan
protokol kesehatan diberbagai aktifitas sehari-hari,” jelasnya.

Sehingga hal ini lanjutnya, nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

“Selanjutnya juga kami ingatkan dan imbau kembali guna kemaslahatan bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran pemerintah,” tututrnya.

Seperti menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan
sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker.

“Serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” katanya.

Dengan adanya penambahan tersebut saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam sebanyak 663 orang.

Dengan rincian 378 orang dinyatakan sembuh, 32 orang meninggal dunia dan 253 orang masih menjalani perawatan.(*/esa)