batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meminta kepada seluruh masyarakat terutama pengurus rumah ibadah untuk segera mengurus legalitas tempat ibadah yang berada di lingkungan tempat tinggal mereka.

Kata dia, Pemko Batam mendukung penuh setiap pembangunan rumah ibadah. Namun pihaknya mengingatkan agar masyarakat segera mengurus segala perizinannya. Seperti halnya terkait legalitas lahan yang akan di bangun musala tersebut.

“Legalitas ini sangat penting. Jangan sampai nanti bangunan sudah jadi, ternyata lahannya bermasalah,” kata Rudi, Minggu (30/8/2020) saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan musala Al Karim di Kampung Tua Teluk Mata Ikan, Nongsa.

Ia menjelaskan, pihaknya akan memberikan legalitas lahan tersebut untuk dibangun musala.

Namun, dengan catatan lahan tersebut belum dialokasikan untuk masyarakat ataupun investor.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menandatangani prasasti pembangunan usala Al Karim di Kampung Tua Teluk Mata Ikan, Nongsa. Foto: Media Center Pemko Batam untuk batampos.co.id

Itu sebabnya ia meminta masyarakat untuk segera mengurus legalitas lahannya agar tidak ada timpang tindih di kemudian hari.

Pemko Batam kata dia, tidak akan bisa membantu untuk pembangunan musala jika belum memiliki legalitas yang sah.

“Kenapa saya selalu tekankan agar rumah ibadah segera mengurus legalitas lahannya? Karena di Batam ini banyak rumah ibadah yang masih timpang tindih legalitas lahannya,” kata Rudi.

Kemudian Rudi juga meminta desain rumah ibadah yang akan dibangun harus melihat bagaimana kebutuhan dan perkembangan beberapa tahun ke depan.

Sehingga nantinya saat jemaah terus bertambah tidak perlu lagi bongkar dan membangun yang lebih besar.

“Kalau perlu hari ini langsung dijadikan masjid, jangan musala. Karena ke depan pasti akan berkembang,” jelasnya.

Tokoh masyarakat Teluk Mata Ikan, Raja Abdul Gani. mengatakan. masyarkat tentu sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan Pemko dan BP Batam.

Pihaknya juga memberikan apresiasi atas keperdulian Rudi selama ini kepada masyarakat.

“Mewakili masyarakat, saya mengucapkan banyak terimakasih karena bapak Rudi berkenan hadir di kampung kami dan mendukung penuh rencana pembangunan musala ini,” katanya.(*/esa)