batampos.co.id – Sebanyak 12 orang tenaga medis di Rumah Sakit Elizabeth terinveksi Covid-19. Ke-12 orang ini diisolasi di empat ruangan di RS Elizabeth Lubukbaja. Kepala Rumah Sakit Elizabeth, Dr Sahat H Siahaan mengatakan, ke-12 tenaga medis tersebut berasal dari RS Elizabeth Lubukbaja.

”Mereka sehat, tanpa gejala. Jadi kita isolasi di rumah sakit (RS Elisabeth Lubukbaja) saja,” kata Sahat dialsnir Harian Batam Pos, Senin (31/8).

Dia menjelaskan, dengan terinfeksinya tenaga medis ini, pelayanan di RS Elisabeth Lubukbaja maupun RS Elisabeth Batam Kota, tetap berjalan normal. ”Tidak ada gangguan, semuanya buka, dan berjalan seperti biasanya. Baik itu emergency, pelayanan melahirkan, maupun operasi,” sebutnya.

Sahat menjelaskan, saat ini tenaga medis memang banyak tertular Covid-19. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan. ”Tetapi tenaga medis ini tertular bukan saat bertugas. Karena saat bertugas sudah sangat safety. Tertular seperti saat makan di luar bersama teman-temannya. Kan itu tidak pakai masker saat makan,” ungkapnya.

Dengan kejadian ini, Sahat meminta kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. ”Kalau pakai masker, potensi tertularnya itu sangat kecil. Jadi kedisiplinan itu sangat penting,” tutupnya.(*/jpg)