batampos.co.id – Jumlah penularan virus Korona atau Covid-19 ke masyarakat masih terus terjadi. Sampai dengan saat ini sudah 174.796 orang yang tertular virus tersebut. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para kepala daerah di seluruh Indonesia terkait dengan penanganan Covid-19. Dia meminta supaya para kepala daerah ini terus melakukan kampanye tentang protokol kesehatan.

“Sekali lagi saya ingin para gubernur yang berkaitan dengan jaga jarak cuci tangan tidak berkerumun tidak berdesakan ini harus diulang-ulang terus terutama yang berkaitan dengan pemakaian masker,” ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9).

Menurut Jokowi selain menjaga jarak dan mencuci tangan yang tidak kalah penting adalah pemakaian masker. Karena dengan memakai masker bisa mencegah penularan virus yang berasal dari Tiongkok ini.

“Ini harus disampaikan terus-menerus. Ini kunci sebelum vaksinasi itu dilakukan adalah pemakaian masker. Ini yang paling penting,” katanya.

Selain itu mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, pengawasan di lapangan oleh para kepala daerah ini bisa benar-benar dilakukan. Termasuk juga dengan pemberian sanksi terhadap protokol kesehatan.

Sehingga dengan adanya sanksi tersebut masyarakat akan patuh terhadap protokol kesehatan. Hasilnya bisa mengurangi penularan virus Korona yang terus terjadi di tanah air.

“Sehingga kedisiplinan nasional kita dalam mengikuti protokol kesehatan betul-betul di kerjakan oleh seluruh masyarakat kita,” ungkapnya.

Para kepala daerah juga harus rutin melakukan pembagian masker kampanye pemakaian masker. Kampanye itu harus dilakukan terus dengan melibatkan tokoh masyarakat, RT, RW dan juga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Jadi harus masih dilakukan sampai ke kampung-kampung dan ke desa-desa dengan libatkan tokoh,” pungkasnya.(jpg)