batampos.co.id – Kondisi cuaca Batam dalam lima hari ke depan diprediksi akan turun hujan lokal yang melanda di pagi dan siang hari dengan intensitas ringan hingga sedang.

Meningkatnya potensi hujan ini, disebabkan adanya belokan angin dan sirkulasi tertutup di sekitar wilayah Kepulauan Riau, tepatnya di sekitaran Natuna. Sehingga mengakibatkan adanya penumpukan massa udara yang mendukung pembentukan awan-awan hujan.

”Secara umum, kondisi cuaca esok hari (hari ini) diperkirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang, dan dini hari,” kata Forecaster Stamet Hang Nadim, Riza Juniarti dikutip Harian Batam Pos, Selasa (1/9).

Berdasarkan data Stamet Hang Nadim, angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan di antara 5 hingga 25 kilometer per jam. Suhu minimal di Batam diprediksi cukup sejuk, 24 derajat celcius. ”Tetap selalu berhati-hati bagi masyarakat yang beraktivitas diluar rumah,” ucapnya.

Sementara itu, untuk gelombang, di sekitar perairan Batam terbilang cukup aman. Gelombang diprediksi mulai dari 0,3 hingga 0,8 meter.

Namun untuk perairan Bintan, Lingga, Selat Berhala dan Anambas, gelombang cukup tinggi. Riza memprediksi gelombang mulai dari 1,2 hingga 2 meter. Oleh sebab itu, masyarakat yang berkaktivitas di laut agar berhati-hati terutama diperairan Bintan, Anambas dan Lingga.

”Gelombang ini cukup mempengaruhi kapal-kapal kecil. Apabila gelombang cukup tinggi, segera merapat ke daratan,” pungkasnya. (*/jpg)