batampos.co.id – Pendidikan adalah senjata utama manusia untuk memecahkan hampir semua hal yang dihadapi sehari-hari. Sebab, pendidikan adalah senjata paling hebat yang dapat digunakan untuk mengubah dunia.

Kalimat powerfull dari Nelson Mandela ini disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Marlin Agustina saat bersama Dinas Pendidikan Kota Batam membagikan seragam gratis untuk siswa SD dan SMP Negeri di Kecamatan Bulang, Selasa (1/9/2020).

Hadir dalam kesempatan ini Kadisdik Kota Batam Hendri Arulan, Kepala Bank Riau Kepri Cabang Batam Burhan, Camat Bulang beserta perangkat dan tokoh masyarakat setempat.

“Karena itu, sebagai Bunda PAUD saya mengajak orang tua untuk memperhatikan pendidiakan Anak-anaknya sejak dini. Tak hanya ilmu pengetahuan dan teknologi saja, juga ilmu agama. Sehingga merekaemjadi generasi intelektual dan berbudi pekerti,” terang Marlin yang juga ketua TP PKK Kota Batam ini.

Marlin juga menjelaskan, kondisi pandemi ini memunculkan masalah baru bagi orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Karena itu dia bersyukur Walikota Batam H Muhammad Rudi dan Bank Riau Cabang Batam membantu memberikan seragam gratis untuk meringankan beban masyarakat.

“Hebat Bapak Wako dan Pak Burhan (Kepala Bank Riau Kepri Cabang Batam) memberikan solusi di tengah pandemik saat ini. Selain itu baju seragam gratis, juga tidak diwajibkan beli seragam baru untuk anak-anak kita ini, sehingga orang tua tidak terbebani,” puji Marlin.

Bunda PAUD Kota Batam Hj Marlin Agustina berinteraksi dengan murid SD saat pembagian seragam SD dan SMP Negeri gratis, di Kecamatan Bulang, Selasa (2/9/2020). (istimewa)

Ada 225 seragam SD dan 130 seragam SMP Negeri yang diserahkan Marlin secara simbolis dalam kesempatan ini kepada perwakilan siswa baru di Kecamatan Bulang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan menjelaskan, bahwa Kecamatan Bulang memiliki 14 sekolah negeri yang terdiri dari 10 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri.

Bantuan seragam ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Batam atas kebijakan Walikota Batam, melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Bank Riau Kepri Cabang Batam.

Perwakilan orang tua Murid, Ali Hanafiah mengapresiasi kerja cerdas dan kerja cepat dari Walikota Batam Muhammad Rudi. Selalu saja ada terobosan HMR dalam membantu masyarakat saat pandemi ini.

Ini menandakan bahwa masyarakat hinterland tidak dibedakan dengan masyarakat di mainland. Hal inilah yang harus terus ditingkatkan sehingga pembangunan di Kota Batam merata. “Jadi kami anak pulau nih tak ketinggalan” ujar Ali disambut tepuk tangan dari orang tua murid. (*/uma)