batampos.co.id – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam memprioritaskan pemeriksaan sampel swab tenaga medis. Pasalnya, sampel pengecekan Covid-19 untuk tenaga medis yang masuk ke BTKLPP sudah mencapai angka 600 pada Rabu (2/9) lalu.

Kepala BTKLPP Kelas I Batam, Budi Santosa menuturkan, kebijakan ini untuk kelancaran penanganan medis di rumah sakit atau fasiltas kesehatan lainnya di Kepri. ”Mereka (tenaga medis) harus didahulukan agar bisa kembali melayani masyarakat. Apalagi, penularan kembali meningkat saat ini. Mereka ini sangat dibutuhkan di faskes tempat kerja mereka,” ujar Budi.

Jumlah swab tenaga medis yang mencapai 600 tersebut, adalah yang terbanyak selama pandemi. ”Jumlah semua (sampel yang masuk) 2.282 dan 600 di antaranya adalah tenaga medis. Cukup banyak memang,” ujar Budi.

Sejauh ini, sampel tenaga medis ini sudah semuanya diperiksa dan hasilnya sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan Tim Gugus Covid-19. ”Untuk keterangannya, nanti disampaikan oleh Dinas dan Tim Gugus,” ujar Kasubag TU BTKLPP Kelas I Batam, Ismail.(*/jpg)