batampos.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Harian Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyampaikan, pemerintah berupaya mempercepat ketersediaan vaksin Covid-19. Meski diperkirakan baru akan diproduksi awal tahun depan, namun pihaknya berharap realisasinya bisa lebih cepat, yakni pada akhir tahun ini.

Hal tersebut Erick sampaikan saat menggelar pertemuan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). “Untuk imunisasi atau vaksinasi akan kami lakukan Insya Allah di awal tahun depan, kalau bisa lebih cepat bulan Desember Alhamdulillah,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/9).

Erick berjanji akan mengusahakan agar vaksinasi ini dapat dilakukan lebih cepat dari yang direncanakan pada awal 2021. “Kita usahakan juga lebih cepat lagi kalau bisa,” ujarnya.

Namun, kata dia, terdapat berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka vaksinasi tersebut. Salah satunya pendataan khususnya untuk orang-orang yang diprioritaskan mendapatkan vaksin.

Pihaknya pun melibatkan IDI dan PPNI untuk melakukan pemetaan orang-orang yang akan didahulukan mendapatkan vaksinasi, terutama para dokter dan perawat. “Nah, ini kan pengalaman kita juga kemarin melakukan subsidi gaji juga sama kita memastikan data siapa yang dibantu,” ucapnya.(jpg)