batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam membuka pendaftaran peserta calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam yang akan ikut dalam Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu, mengatakan rencananya pada hari pertama, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Amsakar Ahcmad
akan mendaftar.

”Besok (hari ini, red) Pak Rudi menurut informasi akan datang ke kantor untuk daftar,” kata dia, Kamis (3/9/2020) dilansir dari Harian Batam Pos.

Ia mengatakan, pendaftaran akan dibuka selama tiga hari. Saat ini, persiapan KPU dalam tahapan pendaftaran sudah siap, tinggal menunggu pelaksanaan saja.

”Secara keseluruhan, kami sudah siap. Semoga tahapan ini bisa berjalan dengan baik, sebab kondisi masih dalampandemi Covid-19,” sebutnya.

Ketua KPU Batam, Herigen, mengatakan pendafaran pasangan calon ini dibuka mulai 4-6 September 2020.

Pendaftaran dan penyerahan formulir langsung dilakukan di Kantor KPU Batam di Sekupang.

Ia menyebutkan, waktu pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB . Jadwal itu berlaku untuk hari pertama dan kedua.

Sedangkan untuk hari ketiga, saat penyerahan dukungan dilaksanakan pukul 08.00-24.00 WIB.

Ini dilakukan untuk mengakomodir pendaftar yang akan memasukkan berkas pada detik-detik akhir pendaftaran.

Hal itu, juga terjadi pada beberapa waktu sebelumnya. Karena kondisi Batam masih dalam pandemi Covid-19, pendaftaran harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, guna menghindari penyebaran virus, ketika waktu pendaftaran
dilaksanakan.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019, beberapa hal yang diumumkan dalam rangka pendaftaran bakal calon peserta Pilkada.

Yaitu, jumlah minimal kursi DPRD Kota Batam dalam pengajuan pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sebesar 10 kursi atau 20 persen dari 50 anggota DPRD Batam.

Jumlah perolehan suara sah pengajuan pendaftaran minimal sebesar 131.1150 suara sah atau 25 persen dikali 524.460 suara sah pemilihan anggota DPRD 2019.

Serta, menyerahkan dokumen pendaftaran dibuat dalam dua rangkap.(jpg)