batampos.co.id – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah menyiapkan dana insentif daerah atau DID, bagi pemerintah daerah (Pemda) yang berhasil membuat daerahnya menjadi zona hijau. Insentif itu kini sedang dibahas Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan.

“Tentu hal yang perlu ditangani adalah di delapan daerah utama ini dipertimbangkan dibuatkan program DID yang memberikan insentif apabila daerah itu terkonversi dari daerah kuning menjadi hijau,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (4/9).

Sebagai informasi, hingga saat ini masih ada delapan daerah yang berada dalam kategori zona merah. Kedelapan daerah tersebut yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Kota Semarang, Banjar, Kota Banjar Baru, Tabalong, Medan, dan Deli Serdang.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, angka kesembuhan Covid-19 Indonesia lebih besar dibandingkan rata-rata dunia. Angka kesembuhan di Indonesia mencapai 72 persen, lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia yang sekitar 69 persen.

Atas dasar itu, Luhut meminta masyarakat optimistis terhadap upaya penanganan Covid-19. Sehingga roda perekonomian dapat kembali bergerak. “Kita lihat data baru tingkat kesembuhan nasional dari Covid-19 mencapai lebih dari 72 persen, lebih tinggi dari rata-rata dunia sebesar 69 persen,” ujarnya dalam diskusi virtual, Minggu (30/8).

Luhut meminta, agar masyarakat tidak berfokus pada angka penularan infeksi yang terus bertambah. Menurutnya, tingkat kesembuhan merupakan sebuah prestasi yang perlu diapresiasi.

“Kita hanya lihat angka infeksi saja, itu kan bisa naik turun sesuai angka yang dites. Tapi tingkat kesembuhan tinggi ini prestasi tim Satgas kita ini,” tuturnya.(jpg)