batampos.co.id – Pendaftaran nomor handphone (HP) untuk kuota gratis bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen akan ditutup pada 11 September 2020 mendatang.

Melalui penginputan nomor HP di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), mereka akan mendapatkan kuota sebesar 35 GB hingga 50 GB.

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud, Evy Mulyani, meminta agar semua kepala satuan pendidikan untuk mendaftarkannya segera.

“Saat ini perkembangannya, kepala satuan pendidikan harus melengkapi nomor telepon selular (handphone) peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik sebelum 11 September 2020,” kata dia dalam keterangannya, Senin (7/9/2020) seperti yang dilansir dari JawaPos.com.

Adapun, kebijakan penyaluran kuota internet inu merupakan tanggapan pemerintah atas permasalahan yang sering dikeluhkan masyarakat.

Pihaknya pun mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) yang telah mengadakan wifi gratis di ruang publik.

Sejumlah pelajar melakukan registrasi kartu perdana untuk belajar online yang dibagikan di SMK Negeri 8 Jakarta, Kamis (3/9/2020). Nantinya, para pelajar juga akan mendapat subsidi kuota dari Kemendikbud sebesar 35 Gb per bulan. Untuk program ini, Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun guna memperlancar pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

“Apabila ada daerah yang sudah menyediakan wifi gratis, tentu kebijakan ini menjadi suplemen untuk menyempurnakan kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa para siswa hingga dosen akan mendapatkan bantuan pulsa untuk menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bantuan ini akan bergulir hingga 4 bulan ke depan.

Siswa akan mendapat bantuan 35 GB per bulan, kemudian untuk guru sebanyak 42 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

“Selama ini dalam beberapa minggu terakhir melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah dan alhamdulillah kami telah mendapat dengan dukungan beberapa kementerian untuk anggaran pulsa para peserta didik kita di masa PJJ ini, saya dengan senang hati mengumumkan hari ini,” ungkap Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR secara daring, Kamis (27/8/2020).(*)