batampos.co.id – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, peran para pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus tetap diapresiasi. Pasalnya, merekalah salah satu faktor yang menyebabkan neraca perdagangan Indonesia meningkat, bahkan surplus.

Menurut mantan Ketua Himpunana Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu, neraca perdagangan di Indonesia pada bulan Juli 2020 mengalami surplus Rp 3,3 miliar dolar atau naik hampir tiga lipat dibandingkan bulan sebelumnya yakni Juni 2020 yang surplus 1,2 miliar dolar.

“Nilai ekspor pada Juli 2020 mencapai 13,73 miliar dolar atau meningkat 14,33 persen dibanding ekspor Juni 2020. Nah Januari – Juli 2020 berapa surplusnya? 8,7 miliar dollar ini prestasi juga,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (6/9).

Sandi juga mendorong agar para pengusaha mempertahankan prestasi tersebut dengan cara menghadirkan suatu interkonektivitas antara meningkatnya ekspor dan surplusnya neraca perdagangan.

“Jadi menurut saya, gimana sekarang menghadirkan satu interkonektivitas antara angka surplus ini dengan hal yang paling dibutuhkan masyarakat sekarang yaitu cash (uang tunai) dan juga lapangan kerja di tengah beban biaya hidup yang terus meningkat,” pungkasnya.

Karena itu, dirinya mendorong agar segera dibangun jembatannya atau penghubungnya, bahwa surplus yang sudah teman-teman (pengusaha) sumbangsihkan buat ekonomi bisa berujung pada penghasilan untuk masyarakat.

Lebih lanjut, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini meyakini pandemi Covid-19 akan segera berkahir dengan adanya kerjasama seluruh komponen masyarakat dalam melawan virus asal Tiongkok ini.

“Optimistis harus kita tanamkan, sikap positif harus kita jalankan. Bulan-bulan ini akan menentukan kemampuan kita untuk mantul, kita sudah di bawah jurang terdalam, kita bisa pantulkan rebound kita,” harapnya.(jpg)