batampos.co.id – Wisatawan dari penjuru dunia hampir seluruhnya mengetahui spot wisata terkeren di Bandara Changi Singapura yakni Jewel Changi Airport berupa air terjun di dalam ruangan. Lokasi itu ternyata juga tak luput dari kunjungan pasien Covid-19 yang masih bisa menulari baru-baru ini.

Pengumuman diungkap oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Sebuah restoran di Jewel Changi Airport ditambahkan ke daftar tempat umum yang dikunjungi oleh pasien Covid-19 selama masa penularannya. Selain itu, ada pula dua toko di Lucky Plaza dan sebuah kafe di Holland Village.

Kabayan Remittance dan Metrobox Services di Lucky Plaza juga menjadi beberapa lokasi baru yang sempat dikunjungi pasien Covid-19. Begitu pula Hoshino Coffee di Raffles Holland V Mall. Restoran di Jewel Changi Airport juga ada dalam daftar.

Mereka yang telah diidentifikasi sebagai kontak dekat dari kasus yang dikonfirmasi sudah diberitahu untuk diuji. Sebagai tindakan pencegahan, individu yang berada di lokasi tersebut selama waktu yang ditentukan harus memantau kesehatan mereka secara cermat selama 14 hari sejak tanggal kunjungan mereka.

“Mereka harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut (seperti batuk, sakit tenggorokan dan pilek), serta demam dan hilangnya rasa atau penciuman, dan memberi tahu dokter tentang riwayat paparan mereka,” tambah pernyataan tersebut seperti dilansir dari Channel News Asia.

Kementerian mengatakan warga tidak perlu menghindari tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh kasus Covid-19. Badan Lingkungan Hidup Nasional akan melibatkan sistem manajemen yang terkena dampak untuk memberikan panduan tentang pembersihan dan disinfeksi.

Selain Bandara Changi, sejumlah tempat di Singapura juga dikunjungi oleh pasien Covid-19 ketika mereka tak sadar sudah terinfeksi. Di antaranya beberapa mal di Orchard Road hingga beberapa pusat jajanan kuliner dan pasar oleh-oleh murah di Singapura.(jpg)