batampos.co.id – Angka kasus positif Covid-19 di Batam sudah menembus 800 pasien. Penyumbang terbanyak berasal dari kalangan pekerja swasta sebanyak 154 kasus, ibu rumah tangga 111 kasus dan tenaga medis berada di urutan ketiga dengan 109 kasus.

Ketua Bidang Kesehatan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, berdasarkan rilis terbaru terdapat 29 kasus yang merupakan pengembangan dari kasus positif sebelumnya, serta kasus baru.

”Penyisiran masih terus dilakukan. Sekarang swab terus dikembangkan di area perkantoran Dinkes Batam pasca adanya dua ASN (aparatur sipil negara) yang terpapar Covid-19,” ujarnya, Senin (7/9).

Langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19 di area kesehatan, pihaknya sudah menutup operasional Puskesmas Sekupang. Saat ini pelayanan dialihkan ke Puskesmas Mentarau dan Tiban Baru.

Akibat penambahan kasus, delapan kecamatan masuk dalam zona merah, satu kuning, satu merah muda, dan dua lainnya hijau. Hingga saat ini, sebanyak 337 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

Sebanyak 205 pasien dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, RSBP 20 pasien, RS Elizabeth 23 pasien, dan sisanya tersebar di sejumlah rumah sakit lainnya.(*/jpg)