batampos.co.id – Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina dan calon Walikota Batam H Muhammad Rudi tuntas menjalani pemerikaan kesehatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP) di Sekupang.

Keduanya menjalani tes selama dua hari, yang dimulai sejak Senin dan Selasa (7-8/9/2020), bersama pasangan calon masing-masing.

Marlin sebagai calon Wakil Gubernur Kepri berpasangan dengan Ansar Ahmad (calon Gubernur), sedangkan Muhammad Rudi sebagai calon Walikota Batam berpasangan dengan Amsakar Achmad (calon Wakil Walikota Batam).

“Alhamdulillah, tes kesehatan dan psikologi sudah selesai. Semuanya lancar,” ujar Marlin usai melakukan tes.

Marlin mengaku sudah menjalankan serangkaian persiapan untuk menjalani tes kesehatan. Salah satunya melakukan joging.

“Selain itu saya juga gowes di sekitar rumah,” ujarnya saat ditemui di Paviliun RSBP.

Hal senada juga disampaikan Rudi. “Saya memang sudah rutin joging tiap pukul 4 sore (16.00 WIB),” jelasnya.

Namun keduanya mengaku pola hidup sehat ini bukanlah dadakan, tapi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sejak lama dan kian intens sejak Covid-19 melanda Kota Batam.

Sebelumnya, seperti dilansir Antara, Direktur RSBP Batam Afdhalun Hakim menjelaskan, seluruh pasangan calon pilkada ini menjalani pemeriksaam jasmani, jiwa dan narkotika dalam waktu dua hari.

Semuanya dilaksanakan di RSBP Batam. Tim dari BNN sengaja membawa alatnya ke rumah sakit itu.

Ia menyampaikan, pada hari pertama (Senin), paslon menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan narkotika. Pemeriksaan kesehatan fisik, antara lain meliputi jantung, paru, mata, ortopedi, obgyn, gigi, dan saraf. “Mereka USG, USG jantung, treadmil tes,” kata Afdhalun.

Ia menyatakan hasil tes kesehatan nanti akan dilaporkan ke KPU. IDI telah memiliki kategori orang yang dinyatakan sehat dan tidak sehat. Ini berlaku sama untuk paslon gubernur-wakil gubernur dan walikota-wakil walikota.

Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan RSBP Batam menyiapkan pelayanan VVIP untuk setiap paslon yang memeriksakan kesehatan. Termasuk masing-masing perawat yang bertugas mendampingi.

“Standar VVIP. Setiap orang ditemani dan diantar perawat ke mana-mana,” kata dia.

Sementara itu, calon Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad dalam akun Facebooknya menulis tentang pengalamannya menjalani tes kesehatan pada hari pertama, Senin kemarin.

“Semua dicek, telinga, mata, nafas, jantung, paru-paru, ginjal, hati, empedu, usus, bahkan (maaf) anus; dan yang paling berat menurut saya adalah tes psikometri (tes psikologi) karena durasinya 2 jam menjawab 527 pertanyaan tidak boleh merokok, berat way, tapi berkat doa semua, insyaAllah hasilnya baik-baik saja,” terangnya. (*/jpg)