batampos.co.id – BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kembali menyerahkan data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) gelombang III kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pada Selasa (8/9), dengan jumlah 3,5 juta data nomor rekening peserta BP Jamsostek.

“Jadi total nomor rekening yang telah kami serahkan ke Kemnaker dari Gelombang I sampai III, sebanyak 9 juta data nomor rekening peserta,” ungkap Direktur Utama BPJamsostek, Agus Susanto, Rabu (9/9).

Penyerahan berkala ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara Kemnaker dan BPJamsostek agar setiap pekan menyerahkan data penerima BSU. Penyerahan BSU sendiri ditargetkan rampung pada akhir September 2020 untuk total 15,7 juta data nomor rekening pekerja.

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses rekonsiliasi, monitoring dan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan program BSU. Dalam setiap gelombang, data nomor rekening yang kami serahkan telah melakukan tahapan validasi berlapis agar sasaran penerima BSU ini tepat sasaran,” tegasnya.

Menurut Agus, setelah dilakukan proses validasi berlapis, pihaknya berhasil menyaring sebanyak 1,77 juta data peserta yang tidak memenuhi kriteria yang tertuang dalam Permenaker 14 Tahun 2020.

Sementara untuk data yang tidak lolos validasi Bank, Agus menjelaskan, pihaknya akan mengembalikan data nomor rekening kepada pemberi kerja atau perusahaan peserta untuk dilakukan konfirmasi ulang.

“Kami terus mendorong perusahaan atau pemberi kerja untuk segera menyampaikan data nomor rekening peserta yang memenuhi persyaratan, dengan batas waktu telah diperpanjang hingga tanggal 15 September 2020. Kami juga berharap perusahaan mempercepat proses penyampaian data yang memerlukan konfirmasi ulang, “tambah Agus.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama semua pihak agar proses pengumpulan nomor rekening pekerja calon penerima BSU ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya BSU ini mampu meringankan beban ekonomi masyarakat pekerja dan mengembalikan kondisi perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, menyampaikan perkembangan pencairan dana BSU gelombang I telah ditunaikan kepada 2,3 juta pekerja, sementara Gelombang II telah disampaikan kepada 1,4 juta pekerja.

“Untuk kali ini kami terima 3,5 juta data nomor rekening peserta dari BPJamsostek dan akan segera diproses. Untuk sementara total penerima BSU yang telah ditunaikan melalui Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) mencapai sebanyak 3,7 juta pekerja,” tegasnya.

Kepala Cabang BPJamsostek Rawamangun, Aland Lucy Patitty mengatakan verifikasi nomer rekening dilakukan berlapis oleh kantor pusat, agar tidak terjadi kesalahan dalam mentransfer dana BSU. “Jadi BSU harus tepat sasaran, hanya peserta yang lolos verifikasi nomor rekeningnya yang akan mendapat BSU,” kata Lucy.

Lucy berharap bantuan yang diberikan pemerintah dapat meringankan dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat dalam situasi pandemik ini. “Saya juga berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dan dapat terus berlanjut. Saya merasa bersyukur bantuan subsidi upah ini sudah memasuki gelombang III. Ini artinya semakin banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah merasakan bantuan,” tutupnya.(jpg)