batampos.co.id – Smartfren disebut hendak meraup keuntungan atas program subsidi kuota gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Atas dugaan itu, Ombudsman RI berencana untuk melaporkannya kepada Mendikbud Nadiem Makarim dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate.

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys, mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar. Bahkan, pihaknya sama sekali tidak mengetahui kalau ada brosur yang menyebutkan satuan pendidikan yang muridnya menggunakan Smartfren akan mendapat hadiah mobil gratis.

“Terkait dengan berita komitmen atau janji pemberian hadiah mobil pada sekolah atau kampus, bila peserta didik menggunakan kartu Smartfren untuk program subsidi kuota internet dari pemerintah, Smartfren menegaskan bahwa janji atau komitmen semacam itu tidak pernah ada,” ungkapnya kepada Batampos.co.id, Rabu (9/9).

Selama masa pandemi dan program belajar dari rumah, lanjutnya, semua program pemberian bantuan kepada satuan pendidik dan peserta didik berupa kartu perdana merupakan donasi tanpa komitmen hadiah apapun. Smartfren tidak pernah memberikan komitmen atau menjanjikan hadiah kepada pendidik atau peserta didik.

“Perusahaan juga tidak pernah menyebarkan brosur berisi janji atau imbalan mobil gratis untuk satuan sekolah yang siswanya memakai kartu perdana Smartfren,” tegas dia.

Merza Fachys menjelaskan, memang jauh sebelum adanya program pembelajaran jarak jauh dari pemerintah, ada salah satu mitra mereka yang memiliki rencana mengadakan program promosi lokal dengan benefit operasional untuk sekolah atau kampus. Namun pada akhirnya program tersebut tidak jadi dijalankan.

“Smartfren menjunjung tinggi semangat berusaha yang sehat dan penuh etika. Kami sangat menyayangkan adanya berita-berita yang tanpa konfirmasi kebenarannya sudah dimuat dan diterbitkan,” katanya.

Menurutnya, program subsidi kuota internet yang segera akan diberlakukan merupakan program pemerintah yang harus sepenuhnya didukung oleh para operator seluler. Sebagai operator terkemuka dalam layanan seluler untuk akses internet, Smartfren selalu memberikan kemudahan serta bantuan untuk para pelajar dan mahasiswa yang masih membutuhkan kartu perdana serta kuota internetnya perdananya, dengan memberikannya secara gratis.(*/uma)