batampos.co.id – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau masih memiliki 889.383 lembar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) RP 75 ribu yang dapat ditukarkan secara perorangan maupun kolektif.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Musni Hardi Kasuma Atmaja, mengatakan, hingga Rabu (9/9/2020) sudah 10.617 lembar UPK yang sudah ditukarkan masyarakat.

“Animo masyarakat sangat tinggi dan paling banyak itu masyarakat menukarkan secara kolektif,” ujarnya dalam rapat virtual terkait Perkembangan Terkini Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (10/9/2020).

Alur penukaran UPK 75 secara kolektif.

Ia menjelaskan, Provinsi Kepri mendapatkan 900 lembar UPK Rp 75 ribu. Uang tersebut lanjutnya merupakan alat pembayaran yang sah dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Namun lanjutnya, karena jumlah yang dicetak terbatas  banyak masyarakat menjadikan rupiah tersebut sebagai koleksi.

Ia mengatakan penukaran UPK Rp 75 ribu secara individu dapat dilakukan melalui aplikasi pintar.bi.go.id. Sementara untuk masyarakat yang ingin menukar secara kolektif ada barcode khusus yang dikeluarkan untuk melakukan pendaftaran.

Penukaran secara kolektif dapat dilakukan minimal oleh 17 orang dan dibuktikan dengan tanda pengenal yaitu KTP dan syarat utamanya adalah belum pernah melakukan penukaran.(esa)