batampos.co.id – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam turun ke Pasar Tos 3000 untuk mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan.

Langkah itu sebagai upaya mencegah dan meminimalisir risiko terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Rombongan dipimpin oleh Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur. Pada kesempatan itu, rombongan juga membagikan masker.

“Kegitan ini serentak di seluruh Indonesia dan bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya, Kamis (10/9/2020).

Kapolres menyatakan, saat ini belum melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan dan hanya mengedepankan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu.

“Batam sudah ada Perwako (Peraturan Wali Kota.red) untuk menindak pelanggar. Kita sangat mendukung itu sebagai dasar penindakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur, memberikan masker kepada salah seorang warga di Pasar Tos 3000. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Ia berharap, aturan tersebut benar-benar diterapkan agar kesadaran masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan makin meningkat.

“Sejauh ini saya lihat kesadaran masyarakat makin meningkat, namun sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan agar secara keseluruhan masyarakat bisa disiplin,” kata Yos.

Asisten III Setdako Batam bidang Administrasi Umum, Heriman AK, juga mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sudah ada Perwako untuk kedisiplinan ini, jadi wajib bagi kita semua untuk memakai masker dan sebagainya,” kata dia.

Di lokasi sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Kota Batam, Salim, mengatakan pihaknya telah turun ke 12 kecamatan se-Batam untuk menyosialisasikan protokol kesehatan tersebut.

“Terus kita lakukan dan harus bersama-sama agar Covid-19 ini segera sirna,” kata Salim.(*/esa)