batampos.co.id – Penyelenggaraan belajar tatap muka bagi satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidayah (MI) di Kabupaten Kepulauan Anambas akan dimulai pada Senin, 14 September 2020.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Asiah mengatakan diberlakukan penyelenggraan pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2020-2021 di masa pandemi Covid -19 ini berdasarkan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, nomor 1221/DISDIKPORA/08.2020 yang dikeluarkan pada tanggal 26/8/2020 atas surat keputusan Bupati Kepulauan Anambas Nomor 709 Tahun 2020.

Lanjut dia lagi mengatakan kondisi terakhir dalam persiapan pembelajaran tatap muka untuk satuan pendidikan jenjang SD di Kabupaten Kepulauan Anambas sedang dalam proses pengecekan terkait kesiapan protokol kesehatannya.

“Dilakukan penyemprotan oleh tim gugus tugas Covid -19, kecamatan dan kabupaten agar benar-benar sesuai dengan petunjuk dari surat keputusan bersama empat menteri terkait dengan proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 untuk zona hijau,” kata Asiah.

Sementara itu pihaknya berharap semoga anak-anak didik dapat menjalankan proses pembelajaran tatap muka dengan aman, lancar dan tertib. “Seperti harapan kita bersama untuk peningkatan mutu pendidikan di Anambas,” sebutnya.

Diketahui sebelumnya jadwal pembelajaran untuk SD/MI itu jumlah tatap muka per hari adalah 1 jam 30 menit sampai dengan 2 jam, dengan mengatur tempat jarak duduk 1,5 meter dan maksimal 18 orang peserta untuk pendidikan dasar menengah.

Selain itu hal yang perlu disiapkan untuk satuan sekolah tersebut yaitu garis antrian siswa (cone), lajur antrian siswa, pelaksanaan cuci tangan, hand sanitizer, thermo gun, absensi protokol kesehatan siswa, tenda/meja kursi, serta masker kain.

Kemudian kewajiban siswa juga harus menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker menyediakan dan membawa peralatan sekolah sendiri, membawa peralatan ibadah serta membawa makanan dan minuman sendiri. (fai)