Jumat, 29 Maret 2024

Hari Ini, RSUD Embung Fatimah Kembali Buka Layanan IGD dan Poliklinik

Berita Terkait

batampos.co.id – Kabar baik bagi masyarakat Batam. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji, akan kembali membuka layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Poliklinik mulai Senin (14/9/2020) hari ini.

Dua layanan ini sempat tutup sejak 28 Agustus 2020 lalu. Sebab, puluhan petugas medis setempat terkonfirmasi positif Covid-19.

Penghentian sementara ini untuk kebaikan bersama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Humas RSUD Embung Fatimah, Novi, menuturkan, sebagian besar petugas medis yang positif terpapar ataupun suspek Covid-19 beberapa waktu lalu tersebut, kini sudah sembuh total.

Mereka sudah siap untuk kembali melayani masyarakat yang berobat ke RSUD.

Suasana pelayanan pasien di RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Foto diambil beberapa waktu lalu. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

”Alhamdulillah sebagian besar sudah sembuh dan besok (hari ini, red) kami kembali memberikan pelayanan medis secara maksimal kepada masyarakat Kota Batam dan sekitarnya,” ujar Novi seperti yang dilansir dari Harian Batam Pos.

Petugas medis yang terpapar atau suspek Covid-19 beberapa waktu lalu, mencapai 37 orang.

Mereka telah menjalani perawatan dan pemulihan yang intensif sehingga sebagian besar sudah sembuh.

Untuk upaya antisipasi ke depannya, protokol kesehatan akan di-
perhatikan secara ketat dan ruangan pelayanan yang ada di rumah sakit pelat merah ini akan disterilisasi secara rutin.

”Protokol kita sesuai dengan level risiko, baik itu petugas ataupun pasien. Untuk strelisasi rutin setiap hari,” ujar Novi.

Berdasarkan data dari komite medik RSUD sehari sebelumnya, Sabtu (12/9/2020), jumlah pasien Covid-19 yang ditangani di RSUD tersisa 12 orang.

Ada penurunan yang drastis selama sepekan terkahir ini.
Pasien yang masih dirawat ini di antaranya; sembilan orang di gedung Tun Sendari, satu orang di ruangan Teratai dan dua orang di ruangan Tulip.

Yang sudah dinyatakan sembuh dan pulang pada Sabtu lalu ada 24 orang, dengan perincian dari gedung Tun Sendari sembilan orang, ruangan Teratai tiga orang, dan Tulip 12 orang.(jpg)

Update