batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji, akan kembali membuka layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Poliklinik mulai Senin (14/9) hari ini.

Dua layanan ini sempat tutup sejak tanggal 28 Agustus lalu. Sebab, puluhan petugas medis setempat terkonfirmasi positif Covid-19. Penghentian sementara ini untuk kebaikan bersama dalam upaya memutusakan mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Humas RSUD Embung Fatimah, Novi, sebagaimana dilansir Harian Batam Pos menuturkan, sebagian besar petugas medis yang positif terpapar ataupun suspek Covid-19 beberapa waktu lalu tersebut, kini sudah sembuh total. Mereka sudah siap untuk kembali melayani masyarakat yang berobat ke RSUD.

”Alhamdulillah sebagian besar sudah sembuh dan besok (hari ini, red) kami kembali memberikan pelayanan medis secara maksimal kepada masyarakat Kota Batam dan sekitarnya,” ujar Novi.

Petugas medis yang terpapar atau suspek Covid-19 beberapa waktu lalu, mencapai 37 orang. Mereka telah menjalani perawatan dan pemulihan yang intensif sehingga sebagian besar sudah sembuh. Untuk upaya antisipasi ke depannya, protokol kesehatan akan diperhatikan secara ketat dan ruangan pelayanan yang ada di rumah sakit pelat merah ini akan disterilisasi secara rutin.

”Protokol kita sesuai dengan level risiko, baik itu petugas ataupun pasien. Untuk strelisasi rutin setiap hari,” ujar Novi.

Berdasarkan data dari komite medik RSUD sehari sebelumnya, Sabtu (12/9), jumlah pasien Covid-19 yang ditangani di RSUD tersisa 12 orang lagi. Ada penurunan yang drastis selama sepekan terkahir ini.

Pasien yang masih dirawat ini di antaranya; sembilan orang di gedung Tun Sendari, satu orang di ruangan Teratai dan dua orang di ruangan Tulip. Yang sudah dinyatakan sembuh dan pulang pada Sabtu lalu ada 24 orang, dengan perincian dari gedung Tun Sendari sembilan orang, ruangan Teratai tiga orang, dan Tulip 12 orang.(*/jpg)