Sabtu, 20 April 2024

Semua Kandidat Pilgub Kepri Lolos Tes Kesehatan

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dinyatakan lolos medhical check-up (MCU), sehingga memenuhi syarat formal untuk ditetapkan sebagai pasangan calon (Paslon) pada 23 September 2020 mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Arison, mengatakan, hasil MCU tersebut sudah disampaikan ke masing-masing Bapaslon.

”Dari hasil MCU yang disampaikan Tim Medis yang melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kepri, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), bahwa ketiga Bapaslon (Ansar Ahmad-Marlin Agustina, Isdianto-Suryani, dan Soerya Respationo-Iman Sutiawan) semuanya dinyatakan lolos kesehatan,” ujar Arison, Minggu (13/9) di Tanjungpinang.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Bintan tersebut menjelaskan, hasil MCU tersebut sudah diterima pihaknya pada 11 September 2020 lalu. Kemudian kemarin sudah disampaikan kepada masing-masing Bapaslon.

Dijelaskannya, surat dari tim kesehatan kepada KPU hanya menyatakan dan menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan atau penilaian kesehatan Bapaslon memenuhi syarat atau tidaknya.

Yakni, calon tersebut dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani, serta bebas penyalahgunaan narkotika dan atau psikotropika.

”Masing-masing kandidat sudah merampungkan proses MCU di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam. Baik itu psikotes atau kejiwaan maupun tes kesehatan lainnya yang dibutuhkan selama dua hari, yakni 7-8 September 2020 lalu,” jelasnya.

Menurut Arison, tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon pada 23 September mendatang. Kemudian, pada 24 September adalah pencabutan nomor urut.

”Setelah itu, akan masuk pada kegiatan kampanye selama 71 hari, yakni mulai 26 September sampai 5 Desember 2020. Sedangkan 6-8 Desember 2020 adalah masa tenang, karena pemilihan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020,” terangnya.

Seperti diketahui, tiga Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri sudah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Provinsi Kepri pada 4 September 2020 lalu. Ketiga pasangan tersebut adalah kandidat petahana Isdianto yang berpasangan dengan Suryani. Pasangan dikenal dengan sebutan Insani tersebut mendapatkan dukungan politik dari Partai Hanura, PKS, dan Partai Demokrat
dengan 13 kursi DPRD Kepri.

Kemudian Bapaslon atas nama Ansar Ahmad-Marlin Agustina (Aman) yang diusung Partai Golkar, Nasdem, PPP, dan PAN dengan total sokongan kursi DPRD Kepri sebanyak 17 kursi. Lalu Bapaslon ketiga, duet Soerya Respationo-Iman Sutiawan (SInergi) yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan PKB dengan total 15 kursi DPRD Kepri. (*/jpg)

Update