batampos.co.id – Gerbang dan akses jalan masuk ke area Puskesmas Tanjung Uncang mengalami pergeseran karena fondasi dan tembok batu miring pembatas jalan, longsor terkikis air.

Saat ini, akses untuk keluar masuk puskesmas melalui satu pintu, yakni gerbang yang selama ini untuk jalur keluar.

Dilansir dari Harian Batam Pos, lokasi longsor persis berada di pinggir gorong-gorong. Longsor tersebut sudah memakan separuh beton yang menguatkan sisi kiri jalan.

Gorong-gorongnya juga mulai retak-retak sehingga oleh petugas, akses jalan tersebut ditutup sementara.

Selain merusak gorong-gorong, tembok pembatas lingkungan puskesmas juga rusak. Pondasi tembok juga mulai berrongga, rentan roboh.

”Sabtu lalu itu terkikis, kemarin (Minggu, 13/9) mulai retak-retak, makanya kita tutup akses jalan masuk ini,” ujar Irawan, petugas di Puskesmas Tanjunguncang.

Warga melihat tembok penyangga jalan masuk ke Puskesmas Tanjunguncang, Batuaji yang rusak karena longsor tergerus air hujan, Senin (14/9/2020). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Informasi yang disampaikan, kerusakan tersebut terjadi saat
hujan deras, Sabtu (12/9/2020) lalu. Air yang mengalir dari arah

Rusunawa Pemko Batam Tanjung Uncang I, cukup deras sehingga mengikis bagian samping drainase dan melebar hingga ke lokasi jalan masuk dan tembok pagar puskesmas.

Kerusakan ini sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam. Namun, sampai siang kemarin belum ada perbaikan.(jpg)