batampos.co.id – Polda Kepri akan menggelar rapid test (tes
cepat) secara massal, yang akan dilaksanakan di pelatran parkir Mapolresta Barelang, Kamis (17/9/2020) besok.

Sebanyak 1.500 alat rapid test disediakan. Kabiddokes Polda Kepri, Kombes M Harris, menyebut kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Mabes Polri.

”Sistemnya itu drive thru (tidak turun dari kendaraan),” katanya, Selasa (15/9/2020) seperti dilansir dari Harian Batam Pos.

Harris menyebut, tidak ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin mengikutinya. Masyarakat hanya cukup membawa kartu identitas berupa KTP dan mengisi data diri seperti nomor telepon. Setelah itu, barulah menjalani rapid test.

”Mapolresta Barelang itu terletak di tengah, jadi mudah dijangkau oleh masyarakat Batam dari daerah mana saja,” tuturnya.

Petugas medis RS Bhayangkara Polda Kepri mengambil darah salah seorang warga Batam untuk di tes menggunakan rapid test beberapa waktu lalu. Foto: Polda Kepri untuk batampos.co.id

Rapid test ini dikerjakan Satuan Tugas Nusantara dari Mabes Polri yang disebar di seluruh Polda.

”Dari Biddokes kami siapkan tiga tim untuk rapid test, dan 10 tim sunat massal,” sebut Harris.

Apabila ditemukan warga yang hasilnya reaktif, maka akan dilanjutkan ke tes yang lebih akurat, swab test. Pelaksanaan swab test ini akan dilakukan RS Bhayangkara.

”Setiap yang reaktif pastinya kami tindaklanjuti,” ungkap Harris.

Dalam pelaksanaan rapid test ini, kata Harris, masyarakat mendapat surat keterangan nonreaktif. Surat ini dapat digunakan untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota.

”Silakan, tapi jangan ambil suratnya di hari yang sama. Besoknya mungkin baru bisa diambil,” tuturnya.

Selain pelaksanaan rapid test massal, kepolisian juga akan melakukan pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat.(jpg)