batampos.co.id – Penyebaran Covid-19 di Kota Batam belum terbendung. Bahkan, jumlah kasus positif dipastikan melebihi angka 1.000 orang, karena tren peningkatan kasus setiap harinya bertahan di angka puluhan. Selain itu, jumlah anak yang terpapar virus tersebut juga terus meningkat.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam hingga Senin (14/9), total kasus positif sudah mencapai 991 orang, setelah ada penambahan 20 kasus baru. Jumlah tersebut bertambah setelah Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam mengumumkan data untuk Selasa (15/9). Kemarin ada penambahan 20 kasus, sehingga pasien positif Covid-19 di Batam mencapai 1.011 orang.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, untuk kasus baru per 14 September 2020, ada sembilan orang karyawan swasta, dua orang wiraswasta, satu orang ibu rumah tangga (IRT), seorang aparatur sipil negara (ASN) Pemko Batam, seorang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Pemko Batam, dua orang ASN instansi vertikal, dua orang tidak bekerja, seorang pelajar, dan seorang anak yang belum sekolah.

“Dari kasus ini, ada anak berusia 4 tahun yang merupakan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif sebelumnya,” kata Didi, kemarin.

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang dihimpun tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, hingga kemarin sudah ada 86 pasien positif dari kalangan anak atau pelajar. Penularan berasal dari lingkungan terdekat seperti orangtua karena berada di satu tempat tinggal.

“Anak-anak atau pelajar ini menempati posisi kelima terpapar Covid-19 setelah tenaga kesehatan, wiraswasta, dan ibu rumah tangga,” ungkapnya.(*/jpg)