batampos.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta masyarakat untuk menggunakan vaksin alami dalam mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Vaksin alami itu berupa pemakaian masker.

“Kita harus menggunakan vaksin alami alami itu bisa memperkecil penyebaran Covid. Jadi kita yang ada sekarang itu pakai masker kalau kita berhadapan dengan orang,” kata Mahfud dalam sambutan webinar Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju, Kamis (17/9).

Mahfud menyampaikan, menghadapi penyebaran Covid-19 lebih baik mencegah daripada mengobati. Menurutnya, vaksin alami yang dimaksud merupakan penggunaan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

“Memakai masker itu juga alami, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” ucap Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, pemerintah terus berupaya menemukan vaksin untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dia menduga, vaksin Covid-19 berhasil ditemukan pada awal 2021.

“Kita memakai dulu masker, sebelum ditemukannya vaksin yang diperkirakan akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021,” pungkasnya.(jpg)