batampos.co.id – Perkembangan zaman semakin memudahkan apapun aktivitas kita, termasuk penggunaan listrik. Baik dengan listrik token atau cek tagihan listrik PLN kini bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan beberapa cara tak mengharuskan Anda keluar rumah hanya untuk membeli token listrik saja. Salah satu cara untuk beli token listrik online adalah melalui berbagai situs atau layanan yang sudah tersedia secara mudah lewat aplikasi di smartphone Anda.

Kali ini akan dibahas beberapa perbedaan membeli token listrik secara online dan secara offline. Berikut akan dibahas satu per satu supaya Anda lebih mengenalnya dan mungkin menarik kesimpulan atas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode.

Pembelian Token Listrik Secara Offline
Pembelian secara offline umumnya dilakukan di gerai dan minimarket yang menyediakan layanan penjualan token listrik. Minimarket yang mungkin bisa Anda temui dengan mudah untuk keperluan ini antara lain Indomaret dan Alfamart.

Di minimarket ini Anda hanya perlu memberitahu kasir atau menunjukkan nomor ID dan menyebutkan berapa nominal yang Anda kehendaki. Kemudian Anda perlu membayarnya dengan nominal lebih dari nominal pembelian Anda.

Biasanya akan dikenakan 2 ribu rupiah untuk setiap pembelian token listrik di minimarket ini. Setelah melakukan transaksi Anda akan diberikan nomor sebanyak 20 digit. Nomor ini nantinya Anda masukan ke meteran listrik dan listrik sudah bisa digunakan. Cara pembelian token listrik ini mengharuskan Anda keluar rumah dan mencari minimarket atau gerai yang menjual token listrik.

Cara ini kurang mendukung jika Anda kehabisan listrik di malam hari atau dini hari. Pasalnya, tak semua minimarket buka selama dua puluh empat jam sehari.

Itulah hal yang harus Anda ketahui dari pembelian token listrik secara offline. Anda bisa menyimpan struk pembelian listrik saat membeli di minimarket dan mungkin akan Anda butuhkan saat melakukan pembukuan di akhir bulan.

Pembelian Token Listrik Secara Online
Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang memberikan fitur pembelian token listrik. Dibanding secara offline, cara online bisa dibilang lebih unggul.

Ya, tak perlu menunggu sampai pagi untuk bisa menikmati listrik dan tak perlu juga mencari minimarket untuk mendapatkan token listrik. Bahkan cara pembelian token listrik secara online ini sangatlah mudah dan prosesnya cepat.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk pembelian token listrik adalah aplikasi Cermati.com. Untuk bisa menggunakannya tentunya Anda harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Cara mendapatkannya cukup mudah, instal saja aplikasi Cermati.com dari app store di smartphone Anda. Setelah itu masuklah ke aplikasi ini dan Anda bisa segera melakukan pembelian token listrik.

Carilah menu “Top Up dan Tagihan” dan masuklah ke menu tersebut. Kemudian masuklah ke menu “Cek Tagihan Listrik” kemudian pilih opsi “Token”. Pada opsi ini Anda harus masukkan nomor ID listrik di rumah Anda atau di rumah yang memerlukan token listrik.

Setelah sesuai memasukan nomor pelanggan, masukkanlah nominal token listrik yang Anda inginkan. Sebelum mengklik opsi “Beli Sekarang” ada baiknya Anda kembali memastikan apakah nomor ID dan nominal yang Anda masukkan sudah benar atau belum. Kemudian pilih saja metode transaksi yang Anda inginkan dan lakukan verifikasi supaya pembayaran segera usai dan listrik bisa segera Anda gunakan.

Itulah dua penjelasan umum tentang pembelian token listrik secara online dan pembelian token listrik secara offline. Kini Anda sudah mengerti apa saja perbedaanya serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara. Pembelian token listrik melalui offline tak membebaskan Anda soal beli dimana dan beli kapan. Anda baru bisa mendapatkannya di waktu tertentu dan di tempat tertentu.

Menawarkan Layanan Lain yang Bermanfaat
Bahkan Cermati.com tak hanya memberikan layanan pembelian token listrik saja. Disana Anda bisa melakukan pembayaran untuk tagihan dan cicilan lain seperti listrik pascabayar. Pembelian data roaming, pulsa, dan paket internet pun juga bisa Anda lakukan disana. Belum lagi fitur lain yang pastinya menguntungkan. Selamat Mencoba! (jpg)