batampos.co.id – Kasus positif Covid-19 di setiap provinsi tiap hari makin meningkat, khususnya Jakarta. Untuk menekan angka penyebaran, pemerintah pun mengambil langkah untuk menyediakan fasilitas hotel untuk pasien tanpa gejala dan ringan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa ada 5 kota yang akan diprioritaskan. Mulai dari Jakarta hingga Bali.

“Program tambahan akomodasi ini akan difokuskan untuk 5 daerah terlebih dahulu. Jakarta, Bali lalu Sumatera Utara, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan. Akomodasi hotel ini disiapkan untuk menambah kapasitas di luar RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan yang lainnya,” ungkap dia dalam telekonferensi pers BNPB, Kamis (17/9).

Untuk ini, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Dengan ini diharapkan angka penyebaran akan semakin bisa dikendalikan.

“Dalam program ini, kami menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk menyiapkan akomodasi setara hotel bintang tiga, termasuk fasilitas makan, minum dan laundry tiap harinya bagi pasien Covid-19,” terangnya.

Nantinya, pihaknya bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan seleksi untuk hotel mana saja yang memiliki fasilitas dan siap dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kemenkes akan menyediakan tenaga kesehatan dan memonitor pelaksanaan protokol kesehatan di setiap hotel, termasuk memonitor perkembangan pasien yang menjalankan isolasi, termausk menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti obat, ambulan dan lain-lain,” ungkapnya. (*/jpg)